Tugas dan Fungsi

Sesuai Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 101 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Inspektorat Daerah, Inspektorat Daerah sebagai aparat pengawas fungsional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

Inspektur Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas i Pembantuan oleh Perangkat Daerah.

Fungsi Inspektur:

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan.
  2. Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya.
  3. Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati dan/atau Gubernur sebagai wakil Pemerintah Bupati.
  4. Penyusunan laporan hasil pengawasan.
  5. Pelaksanaan koordinasi pencegahan tindak pidana korupsi.
  6. Pengawasan pelaksanaan program reformasi birokrasi.
  7. Pelaksanaan administrasi Inspektorat Daerah.
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang berada dan bertanggung jawab kepada Inspektur Daerah.

Sekretaris mempunyai tugas melakukan perencanaan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pengkoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi pembinaan ketatausahaan, hukum, keuangan, aset, kerumahtanggaan, kerjasama, kearsipan, dokumen, ketatalaksanaan, kehumasan, kepegawaian, dan pelayanan administrasi.

Fungsi Sekretaris:

  1. Pengkoordinasian kegiatan.
  2. Pengkoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja.
  3. Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, hukum, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, arsip dan dokumentasi.
  4. Pengkoordinasian tatalaksana Inspektorat Daerah.
  5. Pengkoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan serta pelaksanaan advokasi hukum.
  6. Pengkoordinasian pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan pengelolaan informasi dan dokumentasi.
  7. Penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa.
  8. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya.
  9. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai dengan tugas fungsinya.

Sekretariat sendiri terdiri dari 2 Subbagian yang bertanggung jawab kepada Sekretaris, yakni:

  1. Subbagian Evaluasi dan Pelaporan, dipimpin oleh Kepala Subbagian Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan hasil analisis dan evaluasi hasil pengawasan.
  2. Subbagian Administrasi dan Umum, dipimpin oleh Kepala Subbagian Administrasi dan Umum, mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, serta pelaporan meliputi pembinaan perencanaan, keuangan, ketatausahaan, hukum, kehumasan, ketatalaksanaan, keorganisasian, kerumahtanggaan, kearsipan, kepegawaian dan pelayanan administrasi Inspektorat Daerah.

Inspektur Pembantu Wilayah I mempunyai tugas membantu Inspektur Daerah dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap pemerintahan di Daerah bidang pemerintahan umum, pemerintahan Daerah, pemerintahan desa, hukum dan aparatur. Inspektur Pembantu Wilayah I bertanggung jawab kepada Inspektur.

Fungsi Inspektur Pembantu Wilayah I:

  1. Pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintah Daerah, bidang pemerintahan umum, pemerintahan Daerah, pemerintahan desa, hukum dan aparatur serta reformasi birokrasi.
  2. Penganalisaan data yang menjadi obyek pemeriksaan bidang pemerintahan, penyelenggaraan pemerintahan desa, hukum dan aparatur serta reformasi birokrasi.
  3. Pelaksanaan pengawasan, pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas bidang pemerintahan umum, pemerintahan Daerah, pemerintah desa, hukum dan aparatur serta reformasi birokrasi.
  4. Pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsi.

Inspektur Pembantu Wilayah II mempunyai tugas membantu Inspektur Daerah dalam melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan Daerah bidang pendapatan pengelolaan keuangan dan aset Daerah. Inspektur Pembantu Wilayah II bertanggung jawab kepada Inspektur.

Fungsi Inspektur Pembantu Wilayah II:

  1. Pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset Daerah.
  2. Penganalisaan data yang menjadi obyek pemeriksaan bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset Daerah.
  3. Pelaksanaan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan bidang pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset Daerah.
  4. Pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsi.

Inspektur Pembantu Wilayah III mempunyai tugas membantu Inspektur Daerah dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan Daerah bidang perekonomian, pembangunan dan lingkungan hidup. Inspektur Pembantu Wilayah III bertanggung jawab kepada Inspektur.

Fungsi Inspektur Pembantu Wilayah III:

  1. Pengoordinasian pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan bidang perekonomian, pertanian, pembangunan dan lingkungan hidup.
  2. Penganalisaan data yang menjadi obyek pemeriksaan bidang perekonomian, pertanian, pembangunan dan lingkungan hidup.
  3. Pelaksanaan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan bidang perekonomian, pertanian, pembangunan dan lingkungan hidup.
  4. Pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsi.

Inspektur Pembantu Wilayah IV mempunyai tugas membantu Inspektur Daerah dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di Daerah bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan rakyat. Inspektur Pembantu Wilayah IV bertanggung jawab kepada Inspektur.

Fungsi Inspektur Pembantu Wilayah IV:

  1. Pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, sosial dan kesejahteraan rakyat.
  2. Penganalisaan data yang menjadi obyek pemeriksaan bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, sosial dan kesejahteraan rakyat.
  3. Pelaksanaan pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, sosial dan kesejahteraan rakyat.
  4. Pelaksanaan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsi.

Jabatan Fungsional melaksanakan tugas dan bertanggung jawab kepada Inspektur melalui Subbagian dan/atau Sekretaris, Inspektur Pembantu sesuai jenis dan jenjang jabatannya yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas Jabatan Fungsional.

Sesuai Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 24 Tahun 2018 terdapat 5 jabatan pada Kelompok Jabatan Fungsional, yakni:

  1. Auditor.
  2. Auditor Kepegawaian.
  3. Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintah di Daerah.
  4. Arsiparis.
  5. Pranata Komputer.

Berita

Tautan Lain

Tautan Sapamas - webp
Tautan LaporGub - webp
Tautan Lapor - webp
Tautan Karanganyar - webp
Tautan Jateng - webp
Tautan eLHKPN - webp
Tautan BPKP - webp
Skip to content